Wednesday, 21 January 2009

Cara Gampang Libur Gratisan ke Luar Negeri



Bagi sebahagian kita jalan-jalan keluar negeri mungkin hanya bagai "Pungguk merindukan bulan. Tapi dont worry be happy!!, buat sodara-sodara sekalian yang mau banget pergi jjs(jalan-jalan seram hehe...) ini ada beberapa tips garing (tapi maknyus) yang bisa bikin kamu ke Luar Negeri dengan Gratis!!!!!!.....khususnya buat yang masih kuliah..eng..ing..eng..

1. Ikut festival pelajar atau budaya

Tiap tahun negara-negara benua Eropa,Afrika,Asia dan bahkan Amerika ngadain festival pelajar maupun festival budaya yang terbuka untuk para pelajar di seluruh dunia. Nyang salah satunya bisa di liat di ISFiT(www.isfit.org) dan ICWiP (www.icwip.hu). Untuk mengikuti festival semacam ini, kirim aja beberapa essay sesuai dengan yang di minta oleh panitia penyelenggara. Enaknya lagi, kalo di undang untuk berpatisipasi tersedia travel support untuk biaya transportasi hanya dengan menulis essay tambahan.

2. Magang di perusahaan yang berbasis di Luar Negeri

Cara lain adalah dengan mengajukan permohonan magang di perusahaan yang berbasis di luar negeri. Untuk mengakses perusahaan-perusahaan yang menerima program magang ( dan juga tugas akhir) sebaiknya mencari link dan konsultasi melalui dosen di kampus. Untuk jurusan-jurusan tertentu biasanya telah memiliki MOU (Memorandum of Understanding) atau perjanjian kerjasama dengan beberapa perusahaan tertentu.

3. Gabung di LSM

LSM biasanya memiliki link dengan LSM-LSM di luar indonesia dan secara berkala mereka mengadakan training dengan pertukaran personel dengan LSM asing. Misalnya LSM yang bergerak dalam penyuluhan dan pembinaan anak-anak jalanan yang punya link dengan LSM asing yang berlokasi di Perancis

4. Ikut debate club

harus sering mengikuti kompetisi debat di berbagai belahan dunia. Tentu sebelum berhasil pergi, sebelumnya harus menyisihkan beberapa peminat lainnya lewat kompetisi internal



sumber: kartika/edisi 66/januari 2009

3 comments: